Wisata Jawa Tengah

Stonehenge Cangkringan Spot Wisata Jogja Nuansa Eropa

Stonehenge Cangkringan jogja
Stonehenge Cangkringan Jogja

Jogja sepertinya memang tidak akan pernah lelah untuk terus menyuguhkan berbagai tempat wisata yang menarik. Baik wisata alam ataupun tempat wisata buatan. Belakangan ini, telah muncul salah satu objek wisata baru yang di dalamnya terdapat susunan bebatuan yang menjulang sangat tinggi. Tempat wisata tersebut adalah Stonehenge Cangkringan.

Seputar Wisata Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata yang satu ini hampir sama dengan Stonehenge yang terletak di Inggris. Stonehenge Cangkringan merupakan salah satu tempat bersejarah dan merupakan peninggalan manusia di zaman purba dengan bentuk monumen yang sangat besar dan ditata di tengah lapangan dengan sedemikian uniknya.

Kabarnya, bebatuan yang ada di Stonehenge ini merupakan bebatuan bekas dari erupsi besar yang telah terjadi pada tahun 2010 silam.

Para pengunjung dapat mencari angle foto yang sesuai untuk dapat mengabadikan momen. Dengan keunikan bentuk yang dimilikinya tersebut, maka sangat tidak heran jika tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang unik dan wajib untuk dikunjungi.

Lokasi dan Rute

Bagi anda yang memiliki rencana akan berlibur ke Jogja dan mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Stonehenge berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta.

Sedangkan untuk rute menuju ke tempat ini, anda dapat mengambil arah dari Yogyakarta, kemudian ambil jalan menuju ke arah Kaliurang. Selanjutnya Kaliadem, Bebeng, Dusun Petung, dan melanjutkannya menuju ke Kopi Merapi hingga akhirnya anda dapat sampai menuju ke Stonehenge ini.

Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu destinasi wisata baru yang ada di Jogja, maka harga tiket masuk yang ditawarkan masih terbilang murah. Para pengunjung dapat menikmati keindahan dari Stonehenge dengan puas. Cukup dengan membayarkan uang sebesar Rp 5.000 rupiah saja.

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Pengunjung dapat memilih waktu kunjungan sesuai kebutuhan. Jam operasionalnya adalah pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Namun, ketika siang hari, cuaca di sini akan sangat panas, kecuali ketika suasana mendung.

Fasilitas

Anda tak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Stonehenge menyediakan berbagai fasilitas yang sudah cukup memadai, seperti spot foto yang unik, parkir, toilet, dan juga tempat makan.

Rumah Makan Sekitar

Bagi anda yang telah puas menghabiskan waktu di Stonehenge dan ingin menenangkan pikiran sejenak dengan meminum kopi, anda dapat menemukannya di warung kopi Merapi. Warung kopi Merapi ini sangat mudah untuk ditemukan mengingat banyaknya tempat wisata yang ada di sekitarnya, termasuk Stonehenge.

Bangunannya memang terbilang cukup sederhana dengan dominasi kayu. Namun, tak hanya menyediakan kopi saja, disini anda juga akan menemui berbagai pilihan makanan dan minuman lain yang tak kalah menyegarkan. Harga yang ditawarkan dari berbagai menu yang ada juga terbilang sangat terjangkau mulai dari Rp 7.000 saja.

Penginapan Sekitar

Setelah puas mengunjungi Stonehenge Cangkringan dan puas nongkrong di warung Kopi Merapi, mungkin anda penat dan ingin menghabiskan waktu untuk beristirahat di penginapan yang murah namun tetap nyaman. Tenang saja, di sekitar Stonehenge terdapat berbagai penginapan yang menawarkan fasilitas yang sudah cukup memadai. Tarif tiap harinya juga bervariasi tergantung berapa lama anda akan menginap. Beberapa penginapan tersebut seperti Hotel Kaliurang, Griya Persada Resort Kaliurang, dan beberapa penginapan lain. Tarif yang ditawarkan mulai Rp 100.000 hingga Rp 500.000 saja.